Sukses

Hasil Final Quick Count LSI Denny JA: Ahok 42,23%, Anies 57,6%

Liputan6.com, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA resmi merilis hasil hitung cepat atau quick count Pilkada DKI 2017 putaran dua. Hasilnya, pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat atau Ahok-Djarot kalah dari Anies Baswedan-Sandiaga Uno atau Anies-Sandiaga.

Kepastian kemenangan pasangan calon (paslon) nomor urut 3 itu setelah data 100 persen masuk pada pukul 17.35 WIB.

"Lingkaran Survei Indonesia merilis hasil final dari quick count Pilgub DKI Jakarta dengan hasil 42,33 persen untuk pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan untuk Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebanyak 57,67 persen," ujar peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar di Kantor LSI Graha Dua Rajawali Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Rabu (19/4/2017).

Sedangkan untuk partisipasi pemilih atau Vote Turn Out (VTO) dalam Pilkada DKI 2017 putaran kedua ini, Rully menyebut jumlah yang tidak jauh beda jika dibandingkan putaran pertama.

"Untuk partisipasi pemilih pada kali ini sebanyak 78,31 persen dengan golput sebanyak 21,69 persen bisa dibilang bahwa VTO-nya hampir sama dengan Pilkada yang putaran pertama. Jadi bisa dibilang ini golput juga hampir sama tapi hasilnya bilang ini kita mendapat gubernur baru dari DKI Jakarta. Mudah-mudahan juga bisa menjadi Jakarta yang lebih baik," papar dia.

Meski begitu, Rully menegaskan pihaknya tetap menunggu perhitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta apakah Anies-Sandi yang menang Pilkada DKI 2017 putaran dua atau Ahok-Djarot.

"Inilah hasil yang bisa kita dapat dari hasil quick count kita, tapi kita tetap menghormati proses dari rekapitulasi KPU dari DKI Jakarta," pungkas Rully.

1 dari 2 halaman

Menang Versi Exit Poll

Direktur Eksekutif Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengucapkan selamat kepada pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno atau Anies-Sandi yang unggul sementara di hasil quick count lembaga surveinya dari Ahok-Djarot.

"Selamat datang gubernur baru Anies dan Sandi. Jam 15.00 sore rakyat sudah bicara dan hasilnya ternyata rakyat inginkan perubahan," ujar Denny di Kantor LSI Graha Dua Rajawali Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Rabu (19/4/2017).

Tak hanya itu, ia mengaku sebelumnya pada pukul 12.15 WIB sudah ada pengumuman resmi di sosial media Facebook dan Twitter exit poll usai para warga mencoblos.

"Tadi jam 12.15 saya berikan pengumuman resmi di sosial media, bisa dilihat di Facebook dan Twitter. Versi exit poll Anies dan Sandi sudah menang. Ini jam 15.00 versi exit poll plus versi quick count Anies dan Sandiaga juga di angka tampaknya susah untuk dikejar," papar dia.

Quick count LSI Denny JA memiliki margin of error sekitar 1,00 persen. 

Artikel Selanjutnya
Golkar Targetkan Kemenangan Jokowi Spektakuler pada Pilpres 2019
Artikel Selanjutnya
Jika Pilkada Jabar Dilakukan Hari Ini, Siapa Menang?