Sukses

Kalah di Hitung Cepat, Petahana Jambi Pilih Tunggu Hasil KPU

Liputan6.com, Jambi - Sejumlah lembaga survei nasional melakukan hitung cepat Pilgub Jambi. Hasilnya, pasangan nomor urut 1, Zumi Zola-Fachrori Umar berhasil mengalahkan calon petahana, yakni pasangan Hasan Basri Agus-Edi Purwanto.

Dari beberapa lembaga survei yang menggelar quick count itu menyatakan, pasangan Zumi Zola-Fachrori Umar memperoleh 61%. Sementara pasangan Hasan Basri Agus-Edi Urwanto memperoleh suara 41%.

Menanggapi hasil perhitungan cepat atau itu, Hasan Basri Agus yang ditemui di kediaman pribadinya di Kota Jambi mengakui, bahwa dirinya juga ikut memantau perhitungan cepat itu di media televisi nasional.

"Kami juga menyaksikan quick count itu, kita tunggu lah hasil dari struktur yang ada. Kami belum mau berkomentar banyak," ujar Hasan Basri Agus kepada Liputan6.com, Rabu (9/12/2105).


Menurut dia, pihaknya masih menunggu hasil perhitungan resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Sebab keputusan terakhir ada di tangan KPU. Jadi kita tunggu perhitungan manual dari KPU," kata Hasan.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Jambi diikuti 2 pasang calon. Pasangan nomor urut 1 yaitu Hasan Basri Agus-Edi Purwanto, didukung sejumlah partai besar yaitu Partai Demokrat dan PDIP, PKS, dan Partai Gerindra.

Sedangkan pasangan nomor urut 2, Zumi Zola-Fachrori Umar disokong PKB, PAN, Nasdem, Hanura, PBB.

Selain menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pilkada serentak ‎di Jambi juga digelar di 6 kabupaten/kota. Di antaranya ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Batanghari, Bungo, Kerinci dan Sungaipenuh.‎

Artikel Selanjutnya
Rekapitulasi Pemilu Berganti Hari Rawan Kecurangan
Artikel Selanjutnya
KPU Luncurkan Tahapan Pilkada 2018, Pendaftaran Dimulai 1 Januari