Sukses

Kawalpemilu.org: Prabowo Menang 11 Provinsi, Jokowi 22 Provinsi

Hasil ini belum final dan akan diperbarui terus oleh Kawalpemilu.org setiap 10 menit.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah situs bernama Kawalpemilu.org diluncurkan untuk mengawal proses perhitungan suara dan menghindari kecurangan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun Kawalpemilu.org dari scan form C1 atau formulir hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS), pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menang di 11 provinsi. Sedangkan duet nomor urut 2 Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) unggul di 22 provinsi.

Secara rinci, dari data lebih dari 90% suara yang masuk di seluruh TPS tanah air, yang dikutip Liputan6.com pada Kamis (17/7/2014) dini hari, sekitar pukul 00.14 WIB, Prabowo-Hatta meraih suara terbanyak di Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Selatan, Gorontalo, Maluku, dan Maluku Utara.

Sementara Jokowi-JK unggul di Provinsi Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka dan Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Papua, dan Papua Barat.

Dalam lamannya disebutkan bahwa situs Kawalpemilu.org  bukan website resmi KPU dan angkanya bukan merupakan perhitungan resmi dari KPU. Data di situs ini berasal dari scan form C1 yang diunggah oleh KPU dan didigitisasi dengan bantuan relawan netizenyang independen.

Sementara data tabulasi DA1 atau rekapitulasi kecamatan berasal dari http://rekapda1.herokuapp.com/ dan tersedia sampai level kabupaten. Data di halaman tersebut belum final dan terus diperbaharui tiap 10 menit. Hasil perhitungan suara secara resmi akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa 22 Juli pekan depan.

Baca juga:

Profil Lembaga Survei Pembuat Quick Count Pilpres 2014 (I)

Profil Lembaga Survei Pembuat Quick Count Pilpres 2014 (II)

Profil Lembaga Survei Pembuat Quick Count Pilpres 2014 (III)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini