Sukses

Lembaga Survei yang Menangkan Prabowo-Hatta Ditantang Buka Data

Hasan menegaskan, metodologi bisa saja dibuat dan direkayasa sendiri oleh lembaga survei.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Cyrus Network Hasan Nasbi menantang lembaga survei yang hasil quick count atau hitung cepatnya menunjukkan hasil berbeda dengan lembaga survei miliknya. Dia yakin, survei yang dilakukan lembaganya bersama 6 lembaga survei lain --yang menunjukkan kemenangan pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla-- adalah survei yang benar.

Hasan menduga ada beberapa lembaga survei yang memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dengan mememanipulasi hitung cepatnya.

"Kalau untuk menyelidiki apakah qucik count itu benar atau tidak, saya rasa tidak perlu metodologinya. Tapi kita tanya datanya. Jejak-jejak pekerjaannya kan pasti ada. Coba itu ditunjukkan," kata Hasan dalam konferensi pers Lembaga-lembaga Penyelenggara Quick Count Pilpres 2014, di Jakarta Pusat, Kamis (10/7/2014).

Hasan menegaskan, metodologi bisa saja dibuat dan direkayasa sendiri oleh lembaga survei. Metodologi menurutnya, hanyalah sebuah hapalan yang tidak membuktikan apapun. "Jadi tunjukkan saja data-data setiap TPS yang dia survei."

"Siapa saja manusia-manusia yang mensurveinya? Punya tidak data-data mereka? Minimal nomor handphone-nya. Karena melaporkan perolehan data di setiap TPS itu menggunakan handphone. Keluarkan juga angkanya, per TPS berapa? Per kelurahan berapa? Per kecamatan berapa? Per provinsi berapa? Kalau survei benar-benar dilakukan, pasti masih ada di laptop, tinggal di-print saja. Berani tidak adu data begini?," sambung Hasan menantang.

Beberapa lembaga survei menunjukkan hasil quick count yang berbeda. Selain Cyrus yang dipimpin oleh Hasan, ada 7 lembaga lain yang memenangkan Jokowi-JK, yaitu Populi Center, CSIS, Litbang Kompas, Indikator Politik Indonesia, Lingkaran Survei Indonesia, Radio Republik Indonesia (RRI), dan Saiful Mujani Research Center.

Sementara, ada 4 lembaga survei yang memenangkan pasangan Prabowo-Hatta, yakni Puskaptis, Indonesia Research Center, Lembaga Survei Nasional, dan Jaringan Suara Indonesia.

Setelah melihat hampir selesai hasil quick count atau hitung cepat, pasangan capres Jokowi-JK menyatakan kemenangan pada Pilpres 2014. Kemenangan tersebut berdasarkan sejumlah lembaga survei.
Tak lama kemudian, pasangan Prabowo-Hatta pun tak mau kalah. Pasangan capres nomor urut 1 itu mengaku memenangkan Pilpres sesuai hasil lembaga surveinya.

Keduanya saling mengklaim kemenangan pada Pilpres 2014. Namun Rabu malam, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memanggil kedua pasangan capres ke kediamanya di Puri Cikeas, Bogor. SBY meminta keduanya untuk tetap tenang dan menunggu hasil resmi penghitungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Masyarakat pun merasa dibingungkan dengan keadaan tersebut. Sejumlah pihak meminta para lembaga survei untuk diaudit, guna membuktikan kredibilitas masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.